Manfaatkan Bukalapak Untuk Cek Tagihan Listrik Bulanan Sudah Dibayar Atau Belum

Seperti yang kita tahu bahwa iuran listrik memang wajib di bayar tiap bulan, ke loket pln atau bisa ke toko toko yang menyediakan PPOB. Namun sebelum pergi membayar ada kalanya kita cek dahulu berapa tagihan listrik saat ini. Atau Juga tagihan bulan ini sudah dibayar atau belum, barangkali sudah di bayar keluarga di rumah tapi kita gak tahu.

Dulu PLN sendiri, menyediakan situs untuk cek tagihan listrik bulanan secara online di website resmi secara online. Tapi entah kenapa situs itu tidak bisa digunkan lagi. Jadi alternatifnya kita harus cari situs lain yang memang bermanfaat bisa digunakan untuk cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum.

Nah kali ini blog Jujukane, mau share tips sederhana cara cek tagihan listrik bulanan secara online dengan menggunakan sebuah situs besar. Yaitu Bukalapak, kamu bis menggunakan website resminya atau menggunakan aplikasi bukalapak bagi pengguna smartphone (android/ios).

Bagaimana cara cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum via bukalapak? Sabar, ini saya kasih detail langkah langkahnya beserta gambar. Jadi kamu lebih mudah untuk memahami dan bisa langsung di praktekan.

Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan Online

1. Yang pasti kamu harus tahu terlebih dahulu nomor meter listrik. Sebagai contoh saya gunakan nomor rekening listrik berikut ; 1814011*****.

2. Lalu, masuk ke website bukalapak bagi yang menggunakan Dekstop. Yang pakai smartphone, saya sarankan pakai aplikasi saja. Kemudian cari menu Listik PLN. Yang menggunkan dekstop bisa langsung klik link ini : tagihan-listrik.
Cek Tagihan Listrik Bulanan Sudah Dibayar Atau Belum

3. Kemudin isikan nomor rekening listrik di kolom ID Pelanggan. Masukan dengan benar, dan pastikan ceklist pada menu Pascabayar.
cara cek tagihan listrik bulanan

4. Jika nomor rekening listrik yang kamu masukan benar, maka secara otomatis sistem bukalapak akan bukalapak akan menampilkan informasi tagihan yang valid.
Cek Tagihan Listrik Bulanan Sudah Dibayar Atau Belum

Lalu  bagaimana untuk cara cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum? Dengan melihat data diatas, jika sistem menampilkan informasi jumlah tagihan, maka tagihan listrik kamu belum dibayar. Tapi jika tidak ada data yang ditampilkan, maka tagihan listrik bulanan sudah dibayar.

Catatan :
  1. Kamu bisa memanfaatkan bukalapak bukan hanya untuk cek tagihan. Tapi juga sekaligus membayarnya secara online dengan syarat mempunyai akun di bukalapak.
  2. Kamu tidak bisa menggunakan fasilitas cek tagihan listrik di bukalapak pada jam 23.00 - 01.00 WIB. Ini aturan PLN sendiri, server mungkin di matikan, jadi seluruh Indonesia tidak bisa cek dan bayar tagihan pada jam itu. Bagi pengguna listrik prabayar pun tidak bisa membeli token pada jam tersebut.

Nah, sekarang sudah paham kan ? Begitulah langkah langkah cek tagihan listrik bulanan sudah dibayar atau belum secara online dengan memanfaatkan situs toko online terbesar yaitu bukalapak. Oh ya, apakah kamu sudah punya akun di bukalapak. Dalam kesempatan selanjutnya, saya akan share tutorial cara daftar akun bukalapak. Sekian dulu sampai disini dan sampai ketemu di artikel selanjutnya.