Cara Membatalkan Pesanan Di Bukalapak Yang Belum Atau Sudah Dibayar

Adakah Caranya? Bisakah membatalkan pesanan atau transaksi di Bukalapak? Berbelanja memang menjadi hobi orang indonesia, apalagi wanita. Wuish, apalagi kalo berbicara tentang belanja online. Sudah sejak dulu hal ini marak, ditambah lagi sekarang adanya situs belanja online yang begitu besar namanya di Indonesia. Apa itu? Bukalapak. Jadi ini adalah sebuah situs toko online yang mengatur transaksi antara penjual dan pembeli.

Dengan begitu pembeli bisa merasa aman, sangat minim bahkan hampir tidak ada penjual nakal di bukalapak. Ngomong ngomong soal belanja online dan bukalapak, sekarang admin Blog Jujukane mau memberikan tutorial atau yang lebih tepatnya bisa disebut tips cara membatalkan pesanan di Bukalapak.

Untuk membatalkan atau cancel pesanan di bukalapak ada dua kondisi, yaitu membatalkan transaksi yang belum di bayar dan membatalkan transaksi yang sudah transfer atau dibayar. Keduanya akan sama sama saya bahas dalam artikel kali ini secara perlahan, dan seperti biasanya yang lengkap dengan contoh gambarnya. Biar kamu para pembaca tidak merasakan kebingunan kalau hanya membaca saja.

Oke lebih baik kita mulai saja panduannya ya. Oh ya, sebelumnya di tutorial kali ini saya menggunakan Dekstop. Untuk teman teman yang menggunakan aplikasi bukalapak di hp android atau smartphone lainnya, tetap bisa ikutin langkah ini kok, karen pada dasarnya secara tampilan dan tata letak menu sama saja.

#1. Cara Membatalkan Atau Cancel Pesanan Di Bukalapak Yang Belum Dibayar

@. Saya ambil contoh di bawah ini adalah pesanan yang hendak saya batalkan. Ingat ya, ini adalah pesanan yang hendak saya order, jadi belum sampai melakukan pembayaran atau transfer.
cara membatalkan pesanan di bukalapak

@. Kemudian untuk mulai pengajuan pembatalan, di halaman detail pesanan tarik kebawah sampai kalian menemukan menu Batalkan Transaksi seperti yang saya tandai dibawah ini. Klik menu tersebut.
cara membatalkan pesanan di bukalapak

@. Muncul box yang melibatkan kamu untuk memberikan alasan kenapa ingin membatalkan transaksi orderan tersebut. Kamu boleh pilih apa saja sebagai syarat untuk cancel transaksi di bukalapak. Contoh disini saya pilih Lainya, dan kemudian lanjutkan Konfirmasi.
cara membatalkan pesanan di bukalapak

@. Berhasil, status pesanan barang yang mau saya order menjadi Transaki kamu telah dibatalkan.
@. Kamu juga akan mendapatkan pemberithuan lewat email bahwasanya telah berhasil melakukan cancel orderan di bukalapak yang kurang lebih seperti berikut.
cara membatalkan pesanan di bukalapak

Sekarang kamu bisa cari barang lagi, atau kamu memang mengurungkan niat untuk belanja di bukalapak. Sebenarnya juga kalau pesanan bukalapak yang belum kamu bayar dan ingin membatalkannya, tidak perlu request juga tidak masalah. Bisa dibiarkan saja, hingga nanti kadaluarsa dengan sendirinya setelah beberapa jam tidak melakukan pembayaran. Oke, lanjutkan panduan selanjutnya.

#2. Cara Membatalkan Transaksi Bukalapak Yang Sudah Dibayar.

@. Dibawah ini adalah contoh transaksi bukalapak yang sudah terbayar dan dalam statusnya Menunggu diproses pelapak.
cara membatalkan pesanan di bukalapak yang sudah dibayar

@. Arahkan kewabah sampai ketemu menu Batalkan Transaksi. Tekan menu tersebut.
cara membatalkan pesanan di bukalapak yang sudah dibayar

@. Kemudian beri alasan kamu kenapa ingin membatalkan pesanan. Pilih apa saja sesuai dengan alasan kamu, jika sudah klik Konfirmasi.

@. Setelah itu status dari pesanan kamu tidak bisa langsung batal. Ini bukan keputusan bukalapak, jadi kamu harus menunggu persetujuan pelapak atau penjual dari barang tersebut, menyetujui pembatalan yang kamu inginkan atau tidak.
cara membatalkan pesanan di bukalapak

@. Dan dibawah ini adalah contoh dari pesanan yang kamu batalkan di setujui dan tidak oleh pelapak di Bukalapak.

Dari gambar contoh yang paling akhir bisa kita lihat, ada contoh yaitu di setujui oleh pelapak untuk pembatalan pesanan dan yang satunya contoh bila pembatalan ditolak.

Kenapa Pembatalan Pesanan Ditolak olah Penjual Bukalapak?

Ada banyak alasan kenapa penjual tidak menyetujui permintaan kita, salah satunya seperti alasan di atas, bahwa pelak menolak dengan pernyataan "Saya tidak mau membatalkan pesanan karena barang sudah di packing". Dan masih banyak lagi alasan mengapa penjual melakukan penolakan pembatalan transaksi di bukalapak.

Jadi kesimpulannya, untuk kamu yang melakukan pemesanan barang dan sudah melakukan pembayaran, jika ingin melakukan pembatalan mungkin akan sulit. Karena keputusannya tidak ada di tangan kita sebagai pembeli, tapi di tangan penjual. Dan untuk bukalapak sendiri juga bukan pemegang kendali disini, bukalapak hanya mempertemukan transaksi online dan mengatur sistem keamanan.

Lalu bagaimana dengan kamu yang berhasil melakukan pembatalan pesanan pada barang yang sudah di bayar? Kemana nanti uang kamu akan dikirim?. Di akun bukalapak tersedia fitur yang namanya Buka Dompet dan juga Buka Dana. Nantinya Uang hasil pembatalan pesanan akan di kembalikan ke akun kamu masuk Buka Dompet / Dana, dan kamu bisa pergunakan untuk belanja lagi atau juga bisa kamu tarik lagi ke rekening.

Sekian dulu ya tutorial kali ini. Terimakasi sudah berkunjung dn menyempatkan membaca panduan cara membatalkan pesanan di bukalapak yang sudah saya buat ini. Sudah pasti harapan admin adalah para pembaca sekarng ini punya jalan keluar.