Tata Cara Transaksi Membeli Barang Di Tokopedia, Pembayaran Lewat Indomaret / Alfamart

Tokopedia salah satu situs jual beli online yang sangat besar. Kalau bertanyan apakah Tokopedia merukapan toko online terpercaya? Ya tentu saja, sistem keamanan di Toped juga sangat baik. Kita yang tidak terbiasa belanja online, memang gampang ragu. Ragu akan penipuan, ragu tentang bagaimana transaksi cara membeli barang di Tokopedia.

Dari seringnya beberapa teman nongkrong yang minta dipandu tentang cara transaksi di tokopedia, akhirnya sekalian saja saya jadikan tutorial di Jujukan Blog ini. Daripada sering ada pertanyaan yang sama, lebih baik langsung menuju ke artikel ini aja. Sudah detail, dengan tutorial yang lengkap beserta contoh gambarnya.

Cara beli barang di Tokopedia itu sangat mudah. Gambaran kasarnya cukup pilih pilih barang yang cocok, kemudian melakukan pembayaran. Jika pembayaran sudah dilakukan dan terferivikas maka kita cukup nunggu beberapa hari, nunggu kurir ngantar barang yang kita beli sampai tujuan.

Ehm, mungkin enaknya langsung kita praktekan aja ya. Oke, simak langkah langkahnya dubawah ini lengkap dengan contoh gambar, biar memudahkan kamu.

Cara Membeli Barang Di Tokopedia, Toko Online Terpercaya

1. Buka website tokopedia disini tokopedia.com. Kemudian lakukan login. Jika belum punya akun, kamu wajib daftar akun tokopedia terlebih dahulu. Seperti berikut halaman tokopedia.
cara membeli barang di tokopedia

2. Kemudian cari barang yang ingin kamu beli. Pilih pilih sampai ketemu yang cocok. Biasanya sih cari yang murah dan lokasi terdekat. Disini misalnya saya mau beli celana jeans. Klik saja gambarnya untuk menuju link dari produk tersebut,
cara membeli barang di tokopedia

3. Terbuka link produknya seperti ini. Sekarang kamu seting sesuai minat kamu. Misalnya di produk tersebut,
  • Pilih Warna yang kamu minati (jika penjual menyediakan beberapa pilihan warna).
  • Ukuran, tentu saja agar tidak kebesaran atau kekecilan. Terlebih dahulu kamu harus punya ukuran yang tepat. Pilih sesuai dengan ukuran kamu,
  • Jumlah, yang ingin kamu beli. Secara default adalah 1 barang. Jika ingin menambah jumlah, langsung saja di ketik atau klik tombol plus.
  • Kemudian catatan untuk penjual.  Ini opsional, bisa kosong atau kamu isi. Misal di isi "Tolong di cek dulu barangnya, pastikan tidak ada kerusakan".
  • Kemudian jika sudah selesai semua, terkhir klik Beli Sekarang.
cara pembayaran tokopedia

4. Sekarang kamu masuk ke halaman seting pengiriman. Tentukan alamat kamu dengan benar, agar nantinya barang sampai dengan tepat. Terkadang kalau alamat kurang jelas, barang akan di tahan oleh ekspedisi.
  • Seting alamat lengkap kamu. Tidak harus alamat sesuai KTP, tapi alamat kamu tinggal sekarang, misal di kos atau kontrakan. Sesuaikan alamatnya.
  • Kemudian Pengiriman, pilih saja 2-4 hari kerja. Kurirnya pilih sesuai yang tersedia di tempat tinggal kamu. Misal saya disini pilih J&T, dengan tarif ongkos kirim 30.000.
  • Terakhir, klik Bayar untuk melanjutkan.
cara beli barang di tokopedia


5. Kemudian kamu akan menjumpai metode pembayaran seperti berikut. Pilih dengan metode apa kamu membayar. Untuk menampilkan semua jenis metode pembayaran, klik menu Pilih metode pembayaran lainnya.
cara membeli di tokopedia

6. Semua metode pembayaran akan di tampilkan oleh tokopedia. Terserah kamu mau pilih yang mana. Jika tidak punya akun bank, maka rekomendasinya menggunakan metode pembayaran lewat Indomaret atau Alfamaret. Atau bisa juga bayar tokopedia lewat kantor Pos, tinggal pilih saja.
  • Disini saya, karena saya tidak mempunyai saldo di rekening bank, maka saya belanja di tokopedia bayar di Indomaret. 
cara pembayaran di tokopedia

7. Konfirmasi pemilihan metode pembayaran. Klik Bayar jika sudah yakin menggunakan metode pembayaran tersebut.
cara pembelian di tokopedia

8. Kamu akan mendapatkan kode unik. Kode tersebut adalah kode pembayaran kamu. Catat kode tersebut, dan pergi ke Indomaret terdekat. 
  • Bilang saja ke kasirnya mau bayar Tokopedia. Kemudian kamu akan di minta untuk memberikan Kode.
  • Jika kode yang kamu berikan benar, kasir akan melakukan kofirmasi belanja kamu di Tokopedia.
  • Berikan jumlah pembayaran tersebut ke kasir. 
cara belanja di tokopedia lewat hp

9. Selesai membayar, kamu tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran. Secara otomatis, tokopedia akan menerima pembayaran yang sudah kamu lakukan. Dan tinggal memantau proses pengiriman barang yang di teruskan tokopedia ke penjualnya.
cara membeli barang di tokopedia

Selesai, begitulah cara membeli barang di Tokopedia, tentang transaksi dan metode pembayaran. Kalau kamu teliti membaca panduan di atas, pastinya sekarang sudah bisa berbelanja online, bisa kapanpun belanja di tokopedia lewat hp maupun pc. Yang penting kamu sudah memahaminya.

Meskipun kamu tidak punya rekening, atau punya rekening tapi saldo lagi kosong kamu tetep bisa berbelanja di Tokopedia. Cara pembayaran Tokopedia dengan Indomaret atau alfamart ini semoga bisa menambah wawasan pembaca.