Cara Memblokir Pengguna Wifi Indohme Zte F609 Lewat Mac Address

Kenapa kok pengen tau cara memblokir pengguna wifi indihome? Indihome memang memberikan kecepatan yang lumayan cepat untuk paket terendahnya, yaitu 10mb. Namun pernahkah kamu merasakan kalau internet atau wifi punya kamu jadi lemot banget? Ya, karena ada yang menggunakannya dan dengan seenaknya tanpa sungkan sama pemiliknya. Atau misal di warkop tidak merasa kasian sama pengguna lainnya.

Misalnya di rumah tangga, kita memasang paket indihome di rumah. Tetangga tahu passwordnya dan kadang menggunakannya untuk download berlebihan tanpa sungkan sama kita. Malah kita yang jadi sungkan kalau menegur atau mengganti passwordnya. Percuma kalau ganti, nanti toh dia tanya lagi. Lalu bagaimana mengatasinya? Terpaksa kita harus blokir pengguna wifi indihome tersebut. Untuk memblokir pengguna tersebut kita butuh seikit trik.

Tapi tenang, untuk itulah saya membuat artikel cara memblokir pengguna wifi indihome. Sebenarnya, cara ini mudah, tapi kalau tidak terbiasa ya memang susah di awal. Tapi bukan yang sudah banget kok. Caranya yaitu kita bisa blokir perangkat orang tersebut dengan cara melakukan blacklist mac address dari perangkat yang digunakan oleh pengguna tersebut. Blacklist mac-nya pada modem indihome zte f609.

Bagaimana kita bisa tahu mac address dari perangkat tersebut? Kita bisa menggunakan aplikasi Fing, yang bisa di download pada play store. Aplikasi ini gratis, fungsinya untuk mengetahui siapa saja yang terkoneksi dengan jaringan wifi. Misal menggunakan indihome, maka kita bisa tahu siapa perangkat apa saja yang tersambung dengan wifi indihome milik kita. Oke mari kita mulai caranya ya.

Cara Memblokir Pengguna Wifi Indihome Dengan Blacklist Mac Address

1. Pertama download aplikasi yang gunaya untuk melakukan scan perangkat dalam satu jaringan. Berikut ini adalah aplikasi Fing penampakannya pada play store.
Cara memblokir penguna wifi indihome

2. Setelah itu buka aplikasinya, biarkan loading beberapa saat untuk melakukan scan. Tergantung banyaknya perangkat. Semakin banyak perangkat yang terkoneksi dalam wifi tersebut, maka semakin lama pula proses scan-nya.
Cara memblokir penguna wifi indihome

3. Setelah mendapatkan list perangkat. Kita kira kira perangkat mana yang dipakai oleh pengguna wifi yang mau kita blokir. Tap satuk kali pada perangkat yang dipilih untuk, menampilkan detailnya.
Ini adalah detail dari salah satu perangkat yang mau saya blokir. Arahkan kebawah dan lihat di situ sudah kita dapatkan Mac Address-nya.
Cara memblokir penguna wifi indihome

Sekarang setelah kita mendapatkan mac-nya, tentu langkah kedua kita sudah bisa melakukan blokir pada pengguna tersebut. Masuk ke halaman admin dari modem Indihome.
1. Buka halaman admin Indihome. Ketik alamat modem di browser, untuk Zte F609 adalah 192.168.1.1. Login untuk Zte F609 saat ini adalah username : admin, dan passwod : Telkomdso123.
Cara memblokir penguna wifi indihome

2. Setelah berhasil login, masuk tab Network - WLAN - Access Control List. Sobat akan mendapatkan halaman seperti berikut, yang berfungsi untuk melakukan blacklist Mac Address.
Cara memblokir penguna wifi indihome

3. Masukan Mac Address target. Hati, jangan sampai memasukan mac gara gara salah ketik. Koreksi bila perlu. Sudah yakin memasukan mac address dengan benar, tekan Add, dan pastikan mode dalam Disabled.
Cara memblokir penguna wifi indihome

4. Setelah berhasil berhasil blacklist mac address dari perangkat pengguna wifi indihome seperti berikut ini berarti anda sudah berhasil memblokirnya.
Cara memblokir penguna wifi indihome

Dengan begitu, perangkat tersebut bakalan tidak pernah bisa melakukan koneksi dengan wifi indihome sampai kita menghapus mac addressnya dari list blacklist. Jadi begitu cara memblokir pengguna wifi indihome yang ngeselin banget, biang yang bikin internet lemot sudah kita atasi. Jadi kini wifi sudah aman dan nyaman. Gak ada browsing dan download ngawur lagi yang bikin speed internet down.