PLN Mobile, Aplikasi Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP | Pascabayar & Prabayar

Cek Tagihan Listrik dengan benar menggunakan aplikasi hp bagaimana langkahnya? Tagihan listrik menjadi satu pengeluaran yang memang harus kita lakukan pengecekan rutin, untuk memantau tingkat keborosan kita dalam menggunakan listrik. Kali ini admin bakal berbagi cara cek tagihan listrik online lewat hp. Tentu saja panduan ini menggunakan cara online, tapi tidak lewat browser.  Melainkan cara cek tagihan listrik pasca bayar ini menggunakan aplikasi cek tagihan listrik yang  resmi dikeluarkan oleh pln.

Beberapa hari ini admin iseng iseng admin cari aplikasi cek tagihan listrik dan gak sengaja, nemu sebuah aplikasi yang memang resmi dari pln. Nampaknya aplikasi ini masih baru loh, setahu admin memang sudah banyak app jenis ini tapi milik pihak ketigaa, bukan langsung dari Pt PLN. Nah, terus kepikiran deh admin untuk membuat tutorial baru tentang cek tagihan listrik online  lewat hp dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Mungkin di luaran  sana sudah banyak kali ya yang share mengenai cara cek tagihan listrik pasca bayar, cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum, dll. Tapi untuk saat ini, Jujukane blog baakal update lagi masalah tersebut dengan aplikasi dan contoh gambar yang terbaru di  tahun 2019 ini. Dengan menggunakan aplikasi cek tagihan listrik online ini, kawan bisa pantau tiap waktu, karena kita tidak perlu memasukan ulang jika ingin mengetahui tagihan listrik sewaktu waktu.

PLN Keluarkan Aplikasi Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP

Admin belum cek apakah aplikasi ini juga bisa dipasang pada hp iphone, maklum gak punya. Jadi nggak bisa cek apakah juga tersedia di app store. Jadi untuk sementara ini tutorial cek tagihan listrik online lewat hp yang bisa saya contohkan adalah menggunakan hp android. Baca dan ikuti langkah langkah dibawah ini.

1. Dalam mengawali panduan ini, sobat terlebih dahulu menginstal aplikasi PLN Mobile. Kamu bisa cari langsung di play store. Kalau ragu pilih aplikasi yang mana, kamu bisa kunjungi link ini: disini. Dan contoh aplikasinya adalah sebagai berikut.
aplikasi cek tagihan listrik

2. Kamu bisa buat akun terlebih dahulu atau hanya ingin cek saja. Sebagai contoh di sini, admin tidak membuat akun, dan langsung pilih menu Masuk Tanpa Login.
cek tagihan listrik online lewat hp

3. Lalu bagaimana cara cek tagihan listrik bulanan online? Pada halaman beranda ini, sobat pindah ke halaman Informasi. Lihat gambar yang saya beri tanda berikut ini.
cek tagihan listrik online lewat hp

4. Di halaman informasi ini, kawan bisa melihat ada beberapa pilihan menu yang ada. Untuk cek tagihan listrik yang sudah dibayar ataupun belum dibayar, pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
cek tagihan listrik online lewat hp

5. Muncul box yang bisa anda gunakan untuk memasukan nomor rekening listrik atau id pln. Ketik dengan benar lalu tap Cek Tagihan.
cek tagihan listrik online lewat hp

6. Nantinya aplikasi tersebut akan memberikan informasi tagihan listrik dari nomor rekening yang dimasukan, kurang lebih seperti yang saya tunjukan dibawah ini.
cek tagihan listrik online lewat hp

Jadi begitu jika sobat ingin cek tagihan listrik online lewat hp. Lalu bagaimana jika ingin mengetahui informasi secara rutin? Lakukan registrasi pada aplikasi PLN Mobile. Cara buat akun di pln mobile sangat mudah, atau anda bisa langsung menggunakan menu Login menggunakan Google.

Berikut ini contoh dari informasi tagihan listrik bulanan secara berkala jika di awal membuat akun pada pln mobile. Tidak hanya bulan ini dan bulan laku saja yang bisa diketahui datanya. Tapi tagihan listrik pada bulan bulan lalu yang sudah lama juga bisa anda ketahui data tagihannya.
cara cek tagihan listrik pasca bayar

Tidak hanya untuk pascabayar atau listrik meter. Tapi anda juga bisa menggunakannya untuk memantau history pembelian token listrik. Atau bisa disebut, aplikasi PLN Mobile bisa juga digunakan pada Meteran Token. Di sini anda bisa cek kapan dan berapa kali membeli token listrik. Berikut ini adalah contoh dari aplikasi yang memberikan data histori pembelian token listrik per-tanggal.
cek token listrik pln prabayar

Kayaknya sudah cukup admin Jujukane Blog menjelaskan tentang panduan cek tagihan listrik online lewat hp dan bagaimana cara menggunakan aplikasi cek tagihan listrik tersebut. Kalau ada yang tidak mengerti, kawan bisa tinggalkan komentar pertanyaan.