Cara Mengaktifkan Google Adsense Di Blog Untuk Menampilkan Iklan

Haduh mimin Jujukane Blog juga baru tau nih kalau adsense kini semakin ketat. Bahkan untuk pasang iklan di blog baru pun harus perlu penanganan khusus. Blog baru kita masih butuh review. Jadi berbeda dengan dulu, dimana kita hanya perlu meletakan kode iklan dan iklan pun langsung aktif, alias iklan langsung tampil. Terus bagaimana cara mengaktifkan iklan google adsense di blog baru ?

Sebelum kesitu, ada beberapa hal yang perlu temen temen perhatikan jika ingin mengaktifkan google adsense. Beberapa diantaranya bisa admin sebutkan di bawah ini. Ini sesuai pengalaman admin ya. Bisa jadi ada beberapa blogger punya cara yang lebih mudah ataupun lebih ribet lagi, hehehe.

Beberapa Hal Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Mengaktifkan Iklan Adsense Di Blog Baru.

  1. Menurut saya yang paling penting adalah konten dari blog tersebut. Apakah konten dari blog tersebut memang memenuhi syarat untuk pemasangan iklan adsense. Jika konten yang anda mainkan yakin untuk pengajuan review iklan, lanjutkan ke hal ke dua.
  2. Template dari Blog tersebut. Usahakan menggunakan template premium, bisa saya sarankan ke Mas Sugeng. Jika dana yang dikeluarkan terlalu besar, gunakan saja template dari Blogger. Asalkan jangan gunakan template gratis yang banyak bertebaran di internet, takutnya SEO atau HTML nya tidak jelas (tidak valid).
  3. Navigasi Blog. Seperti blog maupun website pada umunya, dimana ada halaman About, Contact, Privacy Policy, Disclimer, TOS dan Sitemap. Dalam kasus ini lengkapi navigasi blog anda. Jika kesulitan, anda bisa menggunakan Generator, banyak sekali situs yang menyediakan secara generator online. Seperti Privacy Policy Online.
  4. Jumlah artikel yang ada dalam blog. Untuk yang satu ini saya sendiri tidak yakin berapa patokan jumlah atau banyaknya artikel yang ada dalam satu blog. Tapi pada saat saya mengajukan review pengaktifan iklan, jumlah artikel saya saat itu masih 12 artikel.
  5. Pastikan usia blog anda sudah berumur, kira kira satu bulan. Yang jelas sampai menu Earning di dashboard blog Aktif.
Nah jika dirasa blog anda sudah memenuhi syarat yang seperti saya sebutkan di atas (ini sesuai pengalaman saya loh ya), maka mari kita lanjutkan.

Cara Mengaktifkan Google Adsense Di Blogspot

1. Masuk ke menu Earnings. Jika tidak menemukan menu ini, maka seting dulu bahasa blogger ke English. Karena menu ini tidak kan tampil di blogger saat kondisi seting dalam bahasa Indonesia.
Cara Mengaktifkan Google Adsense

2. Setelah anda klik Sign up For Adsense, maka di alihkan ke halaman login Google Adsense. Login sesuai akun Google Adsense anda. Nah, selanjutnya bisa langsung klik Accept Associaton.
Cara Mengaktifkan Iklan Adsense

3. Setelah masuk halaman dashboard Adsense seperti berikut, bisa anda biarkan saja sampai redirect ke halaman selanjutnya. Jika internet yang anda gunakan punya speed yang kencang, maka disini anda hanya perlu beberapa detik.
Cara Mengaktifkan Iklan Google Adsense

4. Selanjutnya anda berhasil menambahkan situs blog di akun adsense. Klik Continue.
Mengaktifkan Google Adsense

5. Anda kembali ke dashboard blogger pada menu earnings. Namun kali ini penampakannya berbeda dengan yang tadi karena sudah berhasil menambahkan alamat blog tersebut di akun Adsense.
Mengaktifkan Iklan Google Adsense

6. Sekarang untuk mengeceknya anda bisa masuk ke dashboard adsense, pada tab menu Sites - Overview. Lihat gambar dibawah ini.
  • Pada kotak merah nomor satu, adalah blog yang saya ajukan baru saja dan statusnya "Getting Ready". Maksudnya blog dalam status peninjauan apakah layak aktif  atau tidak.
  • Sedangkan untuk kotak yang kedua, berstatus Ready. Yang artinya blog sudah sukses dan Google Adsense sudah aktif, iklan yang saya pasang sudah bisa tampil.
Cara Mengaktifkan Google Adsense
Baca panduan lain yang munkin kamu cari : Cara Mengaktifkan Play Store.
Kesimpulan : Pada kotak kedua di atas, saya ajukan selama 1 minggu baru di approve. Namun dalam berbagai kasus, waktunya berbeda beda, ada beberapa kenalan saya yang lebih cepat, ada juga yang berminggu minggu belum di approve juga.

Intinya cara mengaktifkan google adsense untuk blog yang saya share ini durasinya berbeda beda. Jika nanti memang ada update yang baru pasti mimin update deh. Jadi jangan lupa untuk balik ke sini lagi ya.