Cara Menjadi Dropship Di Tokopedia, Jualan Tanpa Modal

Siapa sih yang gak suka dengan duit, apalagi kita dapat duit dengan cara jualan di tokopedia tanpa modal. Bisa memang? Ya, ini yang namanya dropship. Jadi kita jualan, memasarkan barang yang sudah kita sortir di Tokopedia. Barang dagangan orang lain yang ada di Tokopedia, kita share, atau lebih tepatnya kita jual ulang. Cukup bermodalkan gambar dan sosial media.

Cara menjadi dropship di Tokopedia sangatlah mudah. Gambarannya seperti ini, kita ambil gambar barang dagangan dari tokopedia, kita pasarkan kembali. Gimana caranya, ya mudahnya kita jualan di facebook, instagram, whatsapp atau bikin website toko online sendiri. Nah dari sini, jika ada yang tertarik dengan dagangan kamu, tinggal nyari deh di Tokopedia. Kemudian langsung kirim ke alamat pembeli meskipun kamu yang order di Tokopedia.

Mau tahu cara detailnya? Oke baik, kali ini blog Jujukan akan memberikan tutorial dropship di Tokopedia. Cara menjadi Dropship tanpa modal yang saya contohkan ini misalnya menggunakan Instagram. Tapi kalau kamu sudah bisa, nanti bisa kembangin sendiri. Misal di facebook, atau WA du komunitas atau grup tertentu.

Cara Jualan Di Tokopedia Tanpa Modal, Fitur Dropship

1. Sebelumnya kamu harus punya akun Tokopedia. Kalau belum punya ya wajib bikin dulu. Daftar seperti biasa. Buka situs tokopedia.
cara menjadi dropship di tokopedia

2. Kemudian tentukan kamu mau menjadi dropship untuk barang apa. Boleh sih kamu semua barang, tapi kalau mau menjadi dropship yang handal, lebih baik fokus di satu produk saja. Sebagai contoh, saya mau Jual Hijab. Kemudian, cari Hijab di Tokopedia yang kira kira bagus dan banyak peminatnya.
cara jualan di tokopedia tanpa modal

3. Usahakan di produk tersebut, yang reviewnya banyak (di tandai dengan bintang kuning dan julahnya). Lihat pada gambar yang saya tandai dibawah ini.
cara menjadi dropship di tokopedia

4. Kemudian buka produk tersebut, simpan di akun kamu dengan cara klik menu Wishlist. Fungsinya biar kamu nanti tidak perlu cari cari lagi. Dengan kata lain, kamu jadi langganan dari produk tersebut.
cara jualan di tokopedia tanpa modal

5. Ambil semua gambar yang ada di situ. Sompan di memori kamu untuk di upload ulang ke Instagram. Sudah siap mau kita jual ulang.
cara menjadi dropship di tokopedia

6. Sekarang buka media yang mau di pake untuik dropshipan. Saya gunakan instagram. Login ke instagram dan upload gambar yang sudah kamu dapat dari tokopedia tadi. Upload seperti biasa, tapi jangan lupa untuk emncantumkan kontak kamu, atau bisa juga lewat DM Instagram. Seperti ini misalnya, jangan lupa juga untuk kasih hastag populer yang berkaitan dengan Hijab (karena yang saya jual adalah hijab).
fitur dropship tokopedia
  • Hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan lupah untuk ambil margin. Up harganya berapa persen. Misal harga asli yang kita dapat dari tokopedia adalah Rp 61.000
  • Kita bisa ambil untuk 50%, berarti kita jual sekitar Rp 90.500, belum termasuk ongkir. Nanti ongkirnya ditanggung oleh calon pembeli barang dropship kamu.

Jika Sudah Ada Calon Pembeli Pada Barang Dropship?

Kalau ada pembeli dari barang dropship yang sudah kamu pasarkan, maka kamu tinggal minta detail dari pembelinya. Dan jangan lupa kamu harus cek ongkos kirimnya dari Toko Hijab tadi. Seperti berikut.

1. Pembeli berminat dengan barang kamu, minta detail alamat pengiriman dengan jelas. Untuk mendapatkan total Transfer dari pembeli. Total transfer adalah jumlah Harga Barang ditambah dengan Ongkos Kirimnya. Misal kamu mendapatkan data alamat dari pembeli seperti berikut.
fitur dropship tokopedia

2. Sekarang kembali ke akun Tokopedia kamu, buka kembali produk yang kamu jadikan barang Dropship. Nah, untuk mudah mencarinya, buka menu Wishlist (yang tadi sudah kamu simpan). Scroll atau arahkan ke nama akun kamu, dan klik Wishlist.
cara pembayaran dropship tokopedia

3. Nah sekarang kamu tidak usah mencari cari lagi dan takut kehilangan supplier, karena kamu sudah menyimpan Tokonya.
cara dropship di tokopedia 2019

4. Ketemu, dan buka produk tersbut. Gunakan fitur estimasi ongkos kirim. Masukan alamat yang sudah kamu dapatkan dari pembeli. Lihat gambar yang saya beri tanda dibawah ini. Masukkan kecamatan, kode pos dan klik Hitung. Maka kamu akan dapatkan estimasi ongkos kirimnya.
cara pembayaran dropship tokopedia

5. Selanjutnya, hubungi lagi pembelinya. Berikan detail total pembayaran, yaitu Harga Hijab Rp 90.500 ditambah dengan Ongkos Kirim Rp 21.000. Jika sudah kamu berikan, tunggu saja sampai di transfer oleh pembeli tadi.
cara menjadi dropship tanpa modal

Sekarang Masuk Ke Fitur Dropship Tokopedia

Saya anggap disini kita sudah mendapatkan trasfer pembayaran dari pembeli. Dan kita sudah bisa melakukan order ke Tokopedia tanpa modal. Kok bisa tanpa modal? Kita tadi sudah di trasnfer oleh pembeli, malah sudah dapat untuk 50%. 

Tugas kita sekarang adalah melakukan order di Tokopedia, dan langsung dikirimkan ke alamat pembeli. Ini adalah fitur dropship yang dimiliki oleh Tokopedia.

1. Buka produk yang hendak di beli. Seperti berikut, klik menu Beli Sekarang.
cara menjadi dropship tanpa modal


2. Nah, karena barang ini kamu kirim sebagai dropship. Jadi di halaman checkout ini, seting alamat tujuan sesuai dengan alamat pembeli kamu yang sudah melakukan order tadi.
  • Klik pada Gunakan Alamat Baru.
cara daftar menjadi dropship tokopedia
  • Tentukan alamat pembeli.
tutorial dropship di tokopedia
  • Juga pilih kurir pengiriman.
cara daftar menjadi dropship tokopedia

3. Terakhir kamu tinggal pilih metode pembyarannya. Dan mulai melakukan pembayaran. Sudah bisa kan? Kalau belum, baca tutorial sebelumnya : Cara Bayar Barang Di Tokopedia.
cara menjadi dropship di tokopedia

Selesai juga, begitulah kira kira cara menjadi dropship tokopedia, di akhir kamu memang harus membayar barang yang kamu order di Tokopedia. Tapi itu adalah dana yang sudah kamu terima dari pembeli. Jadi kamu sudah berhasil jual barang tanpa modal, malah sudah untuk 50% dari harga barang tersebut.

Tips : Untuk menghindari harga yang di sertakan oleh supplier ke dalam paketan, lebih baik kamu chat pelapak agar tidak menyertakan harg dalam packing barang. Atau bisa kamu berikan catatan saat melakukan order taadi.

Cukup sampai disini, tutorial cara menjadi dropship di tokopedia ini semoga bisa bermanfaat. Kurang lebihnya mohon dimaafkan, seperti itulah cara daftar untuk menjadi dropship tokopedia yang bisa admin Blog Jujukan sajikan untuk para pembaca yang mulai mengawali bisnis dropship, bisnis jualan tanpa modal.