Cara Memindahkan Akun Whatsapp Ke HP Baru Dengan Nomor Lama Tanpa Menghapus Chat

Sebelum blog Jujukan membahas tentang cara memindahkan akun Whatsap tanpa ganti nomor, kami merangkum sedikit pengertian tentang apa itu whastapp dan bagaimana cara menggunkannya. Sedikit cuplikan dari wikipedia, merupakan sebuah aplikas yanag diperuntukan untuk smartphone. Yang tersedia di bebelapa platform diantara lainnya adalah Android, IOS dan Windows Phone.

Sedangkan bagaimana cara menggunakan whatsapp? WA adalah aplikasi chatting yang memang dikhususkan untuk smartphone. Meskipun di dekstop kita bisa menginstal aplikasi WA, tapi itu hanya sejenis monitor saja. Whatsapp dekstop tidak bisa melakukan login jika sebelumnya akun wa tersebut tidak dalam kondisi login di hp. Jadi untuk melakukan login WA dekstop, kita melakukan scan barcode yng ditunjukan oleh WA Dekstop.

Cara untuk menggunakan Whatsapp seperti halnya mengopersikan aplikasi chat lainnya. Dengan wa, layaknya kita bisa mengirim pesan teks, voice note, video call, panggilan suara. Dan kita juga bisa mengirim media atau file. Kita bisa menggunkan whatsapp menggunkan koneksi internet, entah itu dengan paket data atau wifi.

Jadi meskipun menggunakan nomor hp, Whatsapp tetap bisa aktif dan di guanakan seperti biasa. Tutorial yang kami buat ini adalah memindahkan akun whatsapp menggunakan nomor yang lama, atau nomor yang sama. Untuk yang menggunakan pindah whatsapp ke nomor yang baru akan saya bahas di kesempatan yang lain.

Hal yang penting sebelum kita mulai cara memindahkan ke akun whatsapp ke hp baru ialah history chatnya. Jadi jangan keburu langsung login wa di hp yang baru, ada baiknya kita melakukan backup terlebih dahulu chatnya. SIapa tau masih banyak chat yang penting, dan kita nantinya tidak kehilang.

#1. Backup Histori Chat Whatsapp Di HP Yang Lama

Yang pertama di lakukan adalah memastikan bahwa ada akun google di hp android. Terus buka whatsapp, masuk ke menu setting.
cara memindahkan akun whatsapp ke hp baru

 Kamu akan masuk profil dan menu setting akun Whatsapp. Untuk mencari menu backup, pertama masuk terlebih dahulu ke menu Chat.
cara memindahkan akun whatsapp ke hp baru dengan nomor lama

 Di sini kamu akan menemui setingan chat wa. Lalu pilih deh menu Chat Backup.
cara memindahkan akun whatsapp ke hp baru tanpa ganti nomor

 Tekan Backup. Dan lihat akun google yang di gunakan. Nanti di hp yang baru, untuk merestore ulang history chat harus menggunakan akun google yang digunakan backup sekarang ini.
cara memindahkan wa ke hp baru tanpa menghilangkan chat

 Proses backup sedang berlangsung, tunggu sampai selesai. Lama atau tidaknya tergantung banyaknya chat yang sedang aktif.
cara memindahkan wa ke hp lain dengan nomor yang sama

Setelah Berhasil melakukan backup percakapan whatsapp, barulah kita bisa memulai untuk memindahkan akun tersebut. Lebih tepatnya login akun di hp yang lain atau baru. Begini caranya.

#2. Cara Memindahkan Akun Whatsapp Ke HP Baru Tanpa Menghilangkan Chat

Sudah jelas, di hape yang baru pertama kali adalah mulai menginstall aplikasi whatsapp. Kalau memang sudah melakukan install, abaikan langkah pertama ini.
cara memindahkan wa ke hp baru dengan nomor lama

 Buka aplikasi Whatsapp, dan lakukan login. Pilih menu Agree & Continue. Sebelumnya, pastikan nomor hp yang kamu gunakan terpasang di hp yang baru saat ini.
cara memindahkan wa ke hp lain tanpa menghapus chat

 +62 adalah kode negara Indonesia, jika kamu tinggal di negara dan menggunakan nomor Indonesia maka tidak perlu menggantinya. Masukan nomor telepon yang memang digunakan sebagai akun whatsapp.
cara memindahkan akun whatsapp ke hp baru

 Pemberitahuan bahwa server Whatsapp akan mengirim kamu kode verifikasi, jadi pastikan nomor telepon dalam keadaan aktif. Ok.

 Tunggu kode yang dikirimkan. Kalau nomor yang kamu gunakan sebagai akun berada di slot simcard hp baru saat ini, maka secara otomatis kode akan langsung masuk ke aplikasi whatsapp. Tapi jika tidak, maka kamu bisa memasukannya secara manual sesuai dengan kode verifikasi yang kamu terima lewat sms.
cara memindahkan akun whatsapp ke hp baru tanpa ganti nomor

 Sampai disini, pilih Restore. Ini adalah bagian yang kita bahas tadi, disini kita tidak akan kehilangan histori chat whatsapp. Dengan catatan akun Google yang digunakan untuk melakukan backup di hp lama, sekarang digunakan login di hp yang baru.
cara memindahkan wa ke hp baru tanpa menghilangkan chat

 Proses restore akun whatsapp sedang berlangsung. Sama halnya dengan proses backup tadi, lama atau tidak bergantung pada besarnya ukuran file backup.
cara memindahkan wa ke hp lain dengan nomor yang sama

 Data backup ditemukan dan berhasil dilakukan restore ulang akun whatsapp. Sekarang untuk memastikannya, tekan Next.
cara memindahkan wa ke hp baru dengan nomor lama

 Profil dari akun WA, yang dimana foto profil dan namanya sama, sampai sini saja sudah jelas kalau kita sudah berhasil mengembalikan data whatsapp. Next.
cara memindahkan wa ke hp lain tanpa menghapus chat

 Karena sudah berhasil menerapkan cara memindahkan wa ke hp baru tanpa menghilangkan chat, jadi pertama kali login whatsapp di hp baru data chat yang aktif masih ada.
cara memindahkan akun whatsapp ke hp baru

Yups, kira kira gitulah langkah langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin pindah akun whatsapp ke hp baru tanpa ganti nomor dan tanpa kehilangan histori chat dan medianya. Sekarang kamu sudah bisa kan? Jadi nampah nih pengetahuannya, nanti bisa ngajarin teman yang lainnya, atau bisa langsung share artikel ini ke temen lewat sosial media dengan menggunakan tombol share yang ada dibawah.

Baiklah kawan, sampai disini aja dulu ya. Tutorial plus contoh gambar tentang cara memindahkan akun whatsapp yang saya buat ini selesai. Sampai ketemu lagi dengan artikel kami yang bakal di update terus kedepannya.